PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN DAYA SAING USAHA TERHADAP USAHA SEBLAK KUAH MERAH (STUDI KASUS UKM DI KOTA PRABUMULIH)

  •  Cetryn Maesyaroh Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah STEBIS IGM Palembang
  •  Nova Yanti Maleha Prodi Ekonomi Syariah STEBIS IGM Palembang
  •  Amir Salim Prodi Ekonomi Syariah STEBIS IGM Palembang
Keywords: Strategi Pemasaran, Daya Saing Usaha, Usaha Kecil dan Menengah

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kota Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi pemasaran dan daya saing usaha terhadap usaha kecil dan menengah seblak yang ada di Kota Prabumulih. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang ada di Kota Prabumulih, kriteria penarikan sampel penelitian menggunakan metode sampel insidental dan didapat 100 responden. Pada penelitian terdapat dua variabel yang akan di teliti yaitu variabel independen dan variabel dependen. Data yang didapat pada penelitian bersumber dari data primer dan data skunder, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan melalui google form dan diolah menggunakan analisis regresi linear berganda. Pengolahan data penelitian menggunakan aplikasi SPSS v.24. Dengan hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan oleh strategi pemasaran dan daya saing usaha terhadap usaha kecil dan menengah seblak yang ada di Kota Prabumulih.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Daya Saing Usaha, Usaha

Published
2023-04-12
How to Cite
Maesyaroh, C., Maleha, N. Y., & Salim, A. (2023). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN DAYA SAING USAHA TERHADAP USAHA SEBLAK KUAH MERAH (STUDI KASUS UKM DI KOTA PRABUMULIH). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), 3(1), 33-38. https://doi.org/10.36908/jimesha.v3i1.176

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>