STRATEGI PEMASARAN UMKM DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KERIPIK PISANG SAHABAT MELALUI MEDIA ONLINE (STUDI KASUS DESA RIMBA UKUR KECAMATAN SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN)
Abstract
Penelitian membahas strategi pemasaran, umkm dalam meningkatkan keunggulan keripik pisang Sahabat melalui media online di Desa Rimba Ukur Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran, umkm dalam meningkatkan keunggulan keripik pisang Sahabat melalui media online di Desa Rimba Ukur Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Data penelitian adalah data primer yang diperoleh dari sumber pertama melalui data-data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa (1) strategi pemasaran usaha mikro kecil dan menengah keripik pisang Sahabat di Desa Rimba Ukur Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin menggunakan strategi pemasaran produk, harga, tempat usaha, dan promosi. Dari keempat strategi tersebut yang paling berpengaruh diantaranya produk, karena produk keripik pisang Sahabat memiliki kualitas varian rasa tiga macam manis, asin dan original. Harga produk keripik pisang Sahabat juga relatif murah dan terjangkau. Pemasaran produk cukup berkembang hingga kedaerah lawang wetan, sungai keruh, plakat tinggi, babat toman, pali, dan kecamatan sekayu. (2) pemasaran keripik pisang Sahabat dengan media online belum digunakan, karena media yang digunakan untuk memasarkan produk keripik Sahabat masih dengan cara manual.
Copyright (c) 2023 Sri Asih, Chandra Satria, Amir Salim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.