PENGARUH TREND FASHION DAN TINGKAT KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APLIKASI SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswi STEBIS IGM Palembang)

  •  Sri Yanti Prodi Ekonomi Syariah STEBIS IGM Palembang
  •  Saprida Saprida Prodi Ekonomi Syariah STEBIS IGM Palembang
  •  Chandra Satria Prodi Ekonomi Syariah STEBIS IGM Palembang

Abstract

Fashion erat kaitannya dengan gaya yang digemari, yang dimana terjadinya macam trend  di kalangan mahasiswi. Semakin banyak trend fashion yg muncul maka semakin banyak pula orang yg ingin membeli produk fashion yang diinginkan, Pada teori empiris yaitu teori dilapangan, menunjukan banyak juga orang yang merasa tertipu, Terutama di beberapa mahasiswa STEBIS IGM, beberapa  mahasiswi pernah mendapatkan penipuan penjual yang ada di aplikasi shopee. Keputusan pebelian produk fashion dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya faktor eksternal yang mempengaruhi pembelian produk fashion adalah trend fashion di lingkungannya yang mendorong mahasiswi mengikuti gaya yang sedang trend. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dan  penentuan sampel menggunakan rumus slovin. Teknik analisi dengan melakukan berbagai uji seperti: uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel trend fashion dan tingkat kepercayaan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk muslimah pada Aplikasi Shopee. Dominan mahasiswi STEBIS IGM menggunakan fashion muslimah, akan tetapi trend fashion yang diikuti oleh sebagian mahasiswi masih ditemukan adanya mahasiswi yang mengikuti trend fashion tidak sesuai dengan syariat Islam. Pada tingkat kepercayaan adanya fenomena bahwa mahasiswi dengan mengikuti trend fashion tanpa didasari pengetahuan suatu produk untuk melakukan keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Trend Fashion; Kepercayaan; Shopee

Published
2024-04-23
How to Cite
Yanti, S., Saprida, S., & Satria, C. (2024). PENGARUH TREND FASHION DAN TINGKAT KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APLIKASI SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswi STEBIS IGM Palembang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), 4(1), 27-34. https://doi.org/10.36908/jimesha.v4i1.358

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>