Peran E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kawoso Di Kabupaten Dompu
Abstract
Usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan kategori unit usaha yang memiliki subangsih sangat besar terhadap perekonomian indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran e-commerce untuk meningkatkan daya saing UMKM yang ada dikabupaten Dompu, kecamatan Dompu, kelurahan Karijawa. Salah satu pengembangan tersebut dapat dilaksanakan melalui edukasi dan sosialisasi terkai perant e-commerce untuk membantu UMKM dalam mempromosikan produknya. Kelurahan karijawa memiliki kelompok UMKM yang dapat dikembangkan, oleh karena itu kehadiran perkembangan teknologi seperti Go-Food, dan Grab Food dan media sosialnya dapat membantu UMKM untuk memasarkan produknya serta meningkatkan daya saingnya secara bertahap mulai dari skala lokal, nasionalnya hingga internasional. Kegiatan tersebut untuk mengenalkan cara memasarkan produk UMKM melalui e-commerce yang nantinya bisa meningkatkan penjualan dan pengembangan usaha UMKM. Metode kegiatan ini menunjukkan adanya ketertarikan dan kesadaran pelaku UMKM dalam mempromosikan usahanya melalui e-commerce. Dengan pelatihan ini, para pelaku UMKM dapat memulai melakukan pemasaran memalui e-commerce dan media sosial lainnya agar pemasaran produk para pelaku UMKM bisa dikenal banyak orang.
Copyright (c) 2024 Sri Ernawati, Dian Ernawati, Dwi Rahmadani Kadiri, Juhana Safitri, M Rian Albar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.