Pelatihan Pemasaran Prodak Umkm “ Dapur Bugis ” Dengan Pemanfataan Media Sosial Di Desa Bugis
Abstract
Bagaimana tingkat pengetahuan pelaku UMKM di Desa Bugis mengenai pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran Apa saja kendala yang dihadapi pelaku UMKM dalam berinteraksi dengan konsumen melalui media sosial Sejauh mana kemampuan pelaku UMKM dalam menciptakan konten pemasaran yang menarik dan relevan di media sosial pelatihan kepada masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode parsitipatif, penyuluhan, di lokasi Mitra yang berada di Desa Bugis , Kecamatan Sape, Kabupaten Bima. Untuk pelaksanaan, pertama yaitu pemaparan materi pelatihan. , berikutnya dilanjutkan dengan tahapan praktikum pelatihan. Adapun detail pelatihan adalah sebagai berikut: Praktek Pembuatan foto Produk UMKM,Pembuatan Akun,Melengkapi Profil,Pembuatan Script ,Pengambilan Gambar/Video, Edit foto: , Membuat Caption dan Posting tahapan-tahapan pada pelatihan ini ,Tahap Persiapan,Tahap Pemaparan Materi,Tahap Praktikum .Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan pada pengabdian masyarakat ini, dapat disimpulkan bahwa, para pelaku UMKM di Desa bugis sudah memiliki produk-produk unggulan yang sangat layak untuk bersaing di pasar lokal bahkan global. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan ini sudah sangat membantu para pelaku usaha tersebut agar dapat siap bersaing. Dengan pelatihan ini, para pelaku usaha dapat memulai melakukan pemasaran secara global melalui sosial media karena jangkauannya lebih luas. Luaran dari kegiatan ini sudah tercapai yaitu para pelaku usaha sudah dapat membuat video untuk pemasaran di sosial media, khususnya video di dalam aplikasi facebook.
Copyright (c) 2024 Sri Ernawati, Umia Kalsom, Esa Julia Ningsih, Kartika Chandra, Nur Sakinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.