Strategi Pemasaran Produk Tabungan Tasbih Pada PT Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pembantu Km 12 Palembang Di Masa Pandemi Covid-19

  •  Inda Nopita Sari Mahasiswa Perbankan Syariah STEBIS IGM Palembang
  •  Havis Aravik Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang http://orcid.org/0000-0002-4318-7157
  •  Choiriyah Choiriyah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang
Keywords: Strategi, Pemasaran, Tabungan, Tasbih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan tasbih di masa Pandemi Covid-19 pada Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pembantu Km 12 Palembang, selain itu juga bertujuan untuk mengetahui hambatan apa saja yang terjadi dalam memasarkan produk Tabungan Tasbih di masa Pandemi Covid-19 pada Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pembantu Km 12 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan) dan penelitian kepustakaan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu cara kerja penelitian yang menekankan pada aspek mendalam data. demi mendapatkan kualitas dari hasil penelitian. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan model pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk Tabungan Tasbih pada masa pandemi covid-19 bauran pemasaran/marketing. Pada bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 4P yaitu strategi Product, Price, Place, Promotion. Strategi pemasaran yang diterapkan Bank Sumsel Babel yaitu dengan media online, brosur, banner, bekerja sama dengan pihak marketing officer dengan menggunakan sistem bundling, menawarkan kepada nasabah secara personal yang dilakukan oleh karyawan Bank Sumsel Babel. Hambatan strategi pemasaran produk Tabungan Tasbih pada masa pandemi covid-19 membawa pengaruh yaitu berkurangnya jumlah nasabah pada tahun 2020 dan 2021, diakibatkan kehawatiran nasabah tertundanya keberangkatan haji, adanya sosial distancing di dalam masa pandemi yang tidak bisa mengumpulkan nasabah yang ingin menabung di Tabungan Tasbih secara kolektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-05
How to Cite
Sari, I., Aravik, H., & Choiriyah, C. (2022). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Tasbih Pada PT Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pembantu Km 12 Palembang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(2), 475-494. https://doi.org/10.36908/jimpa.v2i2.88

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>