PENGARUH TEORI KONSUMSI MENURUT PANDANGAN IMAM AL- GHAZALI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA STEBIS IGM PALEMBANG
Abstract
Pengaruh teori konsumsi menurut pandangan Imam Al-Ghazali terhadap perilaku konsumsi mahasiswa STEBIS IGM yang membedakannya adalah lingkungan pergaulan, gaya hidup, kebutuhan dan keinginan, maksudnya ada mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari lebih mementingakan gaya hidup dari pada kepentingan seperti nongkrong di cafe setelah selesai kuliah dan menghabiskan uang untuk membeli barang yang dia inginkan dibandingkan denganmemenuhi kebutuhannya sendiri. teori konsumsi menurut pandangan Al-Ghazali terhadap perilaku konsumsi mahasiswa STEBIS IGM Palembang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap didasarkan pada kebutuhan dan niat ibadah kepada Allah. Al-Ghazali juga menekankan bahawa konsumsi harus seimbang dan tidak boros. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh teori konsumsi menurut pandangan Imam Al-Ghazali terhadap perilaku konsumsi mahasiswa STEBIS IGM Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunkan teknik Analisis Regresi Linear Sederhanadan uji hipotsis yang dilakukan menggunakan IBM SPSS Statistic 29. Sampel penelitian ini menggunakan sampling jenuh yang dimana semua populasi dijadikan sampel berjumlah 51 orang. Hasil penelitian yang diperoleh Variabel Teori Konsumsi (X) menunjukan nilai signifikan (0,01 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (17,904> 1,677) yang artinya Ha diterima sedangkan H0 ditolak, yakni dapat disimpulkan secara signifikan Teori Konsumsi (X) berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa (Y). Hal ini terjadi karena adanya tingkat pemahaman pengetahun mahasiswa ekonomi syariah STEBIS IGM terhadap perilaku konsumsi
Copyright (c) 2025 Adam Ramdhani, Waldi Nopriansyah, Saprida Saprida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.