Pengaruh Digital Marketing, Rating, Dan E-Wom Terhadap Pembelian Melalui Minat Beli

  •  Armila Ferolita Ilmu Manajemen, Universitas Lembah Dempo
  •  Elvera Elvera Ilmu Manajemen, Universitas Lembah Dempo
  •  Ahmad Feriyansyah Ilmu Manajemen, Universitas Lembah Dempo
Keywords: Pemasaran Digital, Peringkat Pelanggan Online, Electronic Word Of Mouth, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh pemasaran digital, peringkat pelanggan online, dan electronic word of mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian, dengan minat beli berfungsi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menargetkan mahasiswa aktif Universitas Lembah Dempo di Kota Pagar Alam yang menggunakan TikTok Shop, sebuah platform e-commerce yang berkembang pesat dengan pendekatan entertainmerce yaitu trategi pemasaran yang menggabungkan entertainment (hiburan) dan e-commerce (perdagangan elektronik) untuk menciptakan pengalaman belanja yang lebih menarik dan interaktif bagi konsumen. Sampel pada penelitian  berjumlah 167 responen   Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS) teknik pengambilan sampel random sampling/Accidential sampling. Hasil menunjukkan bahwa Digital Marketing berpengaruh langsung secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, namun pengaruh tidak langsung melalui minat beli tidak signifikan. E-WOM juga berpengaruh langsung secara signifikan namun negatif, dan tidak dimediasi oleh minat beli. Sementara itu, OCR berpengaruh signifikan baik secara langsung maupun total, dengan efek mediasi melalui minat beli yang mendekati signifikan. Minat beli terbukti memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara keseluruhan, pengaruh dalam model ini didominasi oleh jalur langsung, dengan peran mediasi minat beli yang masih terbatas

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-09-05
How to Cite
Ferolita, A., Elvera, E., & Feriyansyah, A. (2025). Pengaruh Digital Marketing, Rating, Dan E-Wom Terhadap Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 5(2), 639-656. https://doi.org/10.36908/jimpa.v5i2.717