STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS UMKM BAKSO SEITALO DI KOTA PALEMBANG)
Abstract
Pandemi Covid-19 merupakan kejadian global yang terjadi di seluruh dunia dan menyerang siapapun tanpa mengenal usia. Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak besar pada perekonomian di Indonesia dan harus segera di atasi oleh pemerintah. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Bakso Seitalo adalah dengan munculnya pandemi Covid-19 yang sangat berdampak sekali pada kelangsungan usaha UMKM Bakso Seitalo dilihat dari pendapatan usaha yang tidak stabil serta mengalami penurunan dan jumlah konsumen yang datang ke UMKM Bakso Seitalo pun berkurang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengetahui strategi pengembangan usaha yang akan dilakukan UMKM Bakso Seitalo dalam meningkatkan pendapatan di masa pandemi covid-19 ini yaitu strategi produk, strategi harga, strategi promosi, strategi tempat. Dan untuk strategi kualitas pelayanan yaitu dengan diterapkannya sikap jujur, ramah tamah, sopan, sabar dalam melayani semua konsumen serta menyediakan jasa pelayanan seperti delivery order untuk melayani pelanggan, serta menerapkan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan, handsanitizer, dan mengatur jarak antar kursiĀ agar terhindar dari virus Covid-19.
Copyright (c) 2023 Desiantina Tri Rachmadina, Saprida Saprida, Chandra Satria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.