Pendampingan Edukasi Karakter Anak SD N 13 Gelumbang Melalui Program KKN

  •  Ibnu Syahrul Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya
  •  Ranti Sapitri Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya
  •  Dinda Dinda Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya
  •  Yesika Yesika Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya
  •  Mustafiyanti Mustafiyanti Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya
Keywords: pendidikan karakter, KKN, anak SD, disiplin, kerjasama, kejujuran

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) memiliki peran penting dalam memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan karakter bagi anak-anak sekolah dasar (SD). Program ini berfokus pada penanaman nilai disiplin, kerjasama, gotong royong, serta kejujuran melalui berbagai bentuk kegiatan edukatif dan partisipatif. Melalui pendekatan partisipatif, mahasiswa bersama masyarakat desa merancang dan melaksanakan kegiatan yang mampu membentuk karakter positif pada anak-anak SD. Hasil pengabdian ini menunjukkan adanya perubahan perilaku anak-anak dalam kehidupan sehari-hari, seperti meningkatnya kedisiplinan dalam belajar, tumbuhnya semangat kebersamaan, serta meningkatnya kesadaran akan pentingnya kejujuran.

Published
2025-09-27
How to Cite
Syahrul, I., Sapitri, R., Dinda, D., Yesika, Y., & Mustafiyanti, M. (2025). Pendampingan Edukasi Karakter Anak SD N 13 Gelumbang Melalui Program KKN. Jurnal Kegiatan Pengabdian Mahasiswa (JKPM), 3(2), 95-100. https://doi.org/10.36908/jkpm.v3i2.729