PENGARUH LABELISASI HALAL, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE SAMYANG (STUDI KASUS INDOMARET DESA TULUNG SELAPAN ULU KECAMATAN TULUNG SELAPAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR)
Abstract
Dalam memenuhi kebutuhannya, seorang akan memilih prduk yang dapat memberikan kepuasan tertinggi yaitu respon atau tanggapan konsumen mengenai pemenuhan kebutuhan. Faktor-faktor yang menciptakan kepuasan tertinggi bagi setiap orang berbeda-beda, namun secara umum faktor seperti kualitas produk dan harga seringkali menjadi pertimbangan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian dengan studi kasusĀ di Indomaret Desa Tulung Selapan Ulu. Penelitian ini menggunakan metode analisis linear berganda yang diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial label halal tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 0,955 < t-tabel 1,660. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 13,524 > t-tabel 1,660. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 3,328 > t-tabel 1,660. Secara simultan, label halal, kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai f-hitung 88,104 > f-tabel 2,70 danĀ nilai probabilitas signifikan 0,000 < 0,05.