PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) ALFAONE

  •  Dina Rahma Febriana Program Srudi Ekonomi Syariah, Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  •  Amir Salim Program Srudi Ekonomi Syariah, Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  •  Doly Nofiansyah Program Srudi Ekonomi Syariah, Universitas Indo Global Mandiri Palembang
Keywords: Green Product, Green Advertising, Keputusan Pembelian, Air Minum Dalam Kemasan

Abstract

Air minum merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, di era yang semakin modern saat ini segala sesuatu diciptakan menjadi lebih praktis salah satunya adalah Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Konsumsi air minum dalam kemasan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. hal ini berdampak pada meningkatnya timbunan sampah plastik dari botol air mineral jika diabaikan dapat menimbulkan pemanasan global, kondisi yang semakin memburuk memotivasi perusahaan untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Green Product dan Green Advertising terhadap keputusan pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merk Alfa One di Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini meliputi konsumen yang membeli dan mengkonsumsi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Alfa One, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 responden, pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus slovin dan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan green product dan green advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa perusahaan terus meningkatkan kualitas produk ramah lingkungan dan memperkuat strategi komunikasi pemasaran yang berwawasan lingkungan untuk mendorong loyalitas konsumen.

Published
2025-09-30
How to Cite
Febriana, D., Salim, A., & Nofiansyah, D. (2025). PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) ALFAONE. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), 5(2), 169-178. https://doi.org/10.36908/jimesha.v5i2.743