PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BSI TABUNGAN EASY WADIAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KC SIMPANG PATAL PALEMBANG

  •  Risma Risma Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri, Palembang
  •  Amir Salim Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri, Palembang
  •  Saprida Saprida Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri, Palembang

Abstract

Keberadaan Bank Syariah Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan pasarnya karena menawarkan kegiatan perbankan yang sesuai dengan syariat Islam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah BSI Tabungan Easy Wadiah di Bank Syariah Indonesia KC Simpang Patal Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 6.735 responden dengan sampel sebanyak 99 responden dan penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui website google form. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda. Hasil hipotesis dari penelitian menunjukan bahwa dari perhitungan Fhitung (21,619) > Ftabel (3,091). Berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya Kualitas Produk (X1) dan Kualitas Layanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap Kepuasan Nasabah (Y) BSI Tabungan Easy Wadiah.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Layanan, Kepuasan Nasabah, Tabungan Easy Wadiah

Published
2023-09-30
How to Cite
Risma, R., Salim, A., & Saprida, S. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BSI TABUNGAN EASY WADIAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KC SIMPANG PATAL PALEMBANG. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), 3(2), 135-144. https://doi.org/10.36908/jimesha.v3i2.249