Analisis Strategi Pemasaran Resto Ayam Kalasan Palembang Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19 Menurut Sifat Dalam Ekonomi Islam

  •  Shelvy Devany Anggesty Mahasiswa Perbankan Syariah STEBIS IGM Palembang
  •  Choiriyah Choiriyah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang
  •  Choirunnisak Choirunnisak Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang
Keywords: Analisis, Strategi, Pemasaran, Sifat Rasulullah SAW, Covid-19

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Analisis Strategi Pemasaran Resto Ayam Kalasan Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 Menurut Sifat Dalam Ekonomi Islam. Adapun rumusan masalah (1) Bagaimana analisis strategi pemasaran yang dilakukan Resto Ayam Kalasan dalam meningkatkan penjualan di masa pandemi Covid-19 menurut sifat dalam ekonomi Islam (2) Bagaimana dampak penjualan Resto Ayam Kalasan di masa pandemi Covid-19. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kulitatif deskriptif bertujuan menjelaskan analisis strategi pemasaran syariah yang menggambarkan gejala-gejala, fakta, aspek serta upaya yang berkaitan dengan strategi pemasaran menurut hukum Islam. Hasil dari penelitian ini akan dideskripsikan dengan perhitungan metode kualitatif dari hasil data lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Resto Ayam Kalasan sudah menerapkan sifat-sifat di dalam ekonomi Islam yang merupakan sifat dari Nabi Muhammad SAW yaitu shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh serta rencana usaha yang dilakukan oleh pemilik Resto Ayam Kalasan yaitu strategi penjualan yang dilakukan sebelum masa pandemi Covid-19 yang biasanya dilakukan melalui promosi secara langsung dengan melakukan berjualan di toko juga membuka stand di acara-acara besar, namun pada saat pandemi Covid-19 ini Resto Ayam Kalasan lebih fokus melakukan promosi pada media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, Shopee-food, Go-food dan Grab-food. Pada saat pandemi Covid-19, ini Resto Ayam Kalasan tetap membuka toko tapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Dengan adanya pandemi Covid-19 ini terlihat pelanggan sekarang lebih banyak membeli melalui media online.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-05
How to Cite
Anggesty, S., Choiriyah, C., & Choirunnisak, C. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Resto Ayam Kalasan Palembang Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19 Menurut Sifat Dalam Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(2), 423-446. https://doi.org/10.36908/jimpa.v2i2.89

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>