Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi, Transparansi Biaya Dan Kenyamanan Lingkungan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Camat Kecamatan Bilah Hulu

  •  Hotlina Agustina Manurung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu
  •  Elida Florentina Sinaga Simanjorang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu
  •  Meisa Fitri Nasution Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu
Keywords: Kenyamanan Lingkungan, Kualitas Pelayanan Administrasi, Transparansi Biaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh kualitas pelayanan administrasi, transparansi biaya, dan kenyamanan lingkungan terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Camat Kecamatan Bilah Hulu. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peningkatan mutu pelayanan publik dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner dari sejumlah responden yang pernah mengakses layanan di kantor camat tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel independen kualitas pelayanan administrasi, transparansi biaya, dan kenyamanan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagian perencanaan pemerintah kecamatan dalam merancang strategi peningkatan pelayanan yang lebih efektif yang berorientasi pada kepuasan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-09-03
How to Cite
Manurung, H. A., Simanjorang, E. F. S., & Nasution, M. F. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi, Transparansi Biaya Dan Kenyamanan Lingkungan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Camat Kecamatan Bilah Hulu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 5(2), 423-436. https://doi.org/10.36908/jimpa.v5i2.715