STRATEGI PENINGKATAN KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP KINERJA ORGANISASI PERSATUAN AMAL KEMATIAN AL-IKHLAS SAKO BARU PALEMBANG (STUDI KASUS PAK AL-IKHLAS SAKO BARU PALEMBANG)

  •  Khoirul Addha Prodi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri
  •  Amir Salim Prodi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri
  •  Chandra Satria Prodi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan anggota selama menjadi anggota PAK Al-Ikhlas Sako Baru Palembang, mengetahui hambatan yang dihadapi oleh PAK Al-Ikhlas terhadap peningkatan kepuasan anggota PAK Al-Ikhlas Sako Baru Palembang, mengetahui strategi apa yang digunakan PAK Al-Ikhlas terhadap peningkatan kepuasan anggota PAK Al-Ikhlas Sako Baru Palembang dan mengetahui solusi untuk mengatasi hambatan yang dihadapi PAK Al-Ikhlas Sako Baru Palembang terhadap peningkatan kepuasan anggota PAK Al-Ikhlas Sako Baru Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Responden dalam penelitian ini bersumber dari pengurus dan anggota PAK Al-Ikhlas Sako Baru Palembang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik Wawancara, dan terakhir peneliti menggunakan Teknik Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa; (1) Tingkat kepuasan anggota selama menjadi anggota PAK Al-Ikhlas Sako Baru dirasakan cukup puas, puas dari segi iuran, kulaitas pelayanan, kulaitas produk, Emotional factor emotional dan Efficiency (kemudahan); (2) Hambatan yang dialami oleh PAK Al-Ikhlas Sako Baru Palembang terkait kulaitas jasa tempat pemakaman masih belum memadai untuk menampung seluruh anggota PAK Al-Ikhlas Sako Baru Palembang dalam melayani seluruh anggota; (3) Tiga strategi yang digunakan PAK Al-Ikhlas yaitu, strategi pelayanan, strategi relationship marketing, strategi peningkatan kinerja organisasi; (4) Setiap strategi dalam hal jasa yang sudah dilakukan terus ditingkatkan, jika ada masalah dibahas dan di breakdown bersama untuk bersama-sama mencari solusi yang terbaik, akan mampu memberikan beberapa manfaat yang dirasakan organisasi dan memberi kesan positif pada anggota, adanya evaluasi serta sirkulasi laporan keuangan diakhir kerja. Dan setiap akhir tahun juga diadakan Rapat Anggota Tahunan sebagai evaluasi untuk pembinaan anggota dan pengurus serta Rapat Rencana Kerja.

Kata Kunci: Kepuasan Anggota, Hambatan, Strategi, Solusi

Published
2024-09-30
How to Cite
Addha, K., Salim, A., & Satria, C. (2024). STRATEGI PENINGKATAN KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP KINERJA ORGANISASI PERSATUAN AMAL KEMATIAN AL-IKHLAS SAKO BARU PALEMBANG (STUDI KASUS PAK AL-IKHLAS SAKO BARU PALEMBANG). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), 4(2), 165-180. https://doi.org/10.36908/jimesha.v4i2.466