STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM KERUPUK KEMPLANG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus Kerupuk Kemplang Ibu Asmara Desa Meranjat II Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir )
Abstract
Pada era sekarang, pihak pengusaha tidak hanya fokus pada manajemen keuangan semata tetapi juga pada manajemen pemasaran, khususnya dalam perumusan dan eksekusi strategi bersaing. Usaha ini diperlukan untuk meningkatkan hasil penjualan produk dengan melakukan penerapan strategi pengembangan UMKM yang tepat dan akurat. Strategi yang diterapkan dalam pengembangan usaha kerupuk kemplang di Desa Meranjat II Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir adalah Peningkatan Akses kepada aset produktif. Adanya peningkatan akses pasar. Peningkatan SDM. Memperluas Jaringan. Sedangkan untuk analisis SWOT pada usaha kerupuk kemplang di desa Meranjat II yang masih berada di bawah pesaing pesaingnya seperti di tempat lainnya hal ini dapat dilihat dari strategi strategi yang digunakan oleh pengusaha kerupuk kemplang terhadap situasi atau faktor eksternal dan internal pengusaha kerupuk kemplang. UMKM dalam meningkatkan kesejahteraan menurut perspektif ekonomi islam. Dapat dilihat bahwa Islam telah menganjurkan manusia untuk bekerja, dengan adanya UMKM kerupuk kemplang ini telah membuka lapangan kerja baru. Seperti halnya yang telah dijelaskan dalam islam kesejahteraan dapat terwujud dilihat dari indikator kesejahteraan.Masyarakat yang bekerja pada UMKM kerupuk kemplang telah memenuhi indikator tersebut dengan kata lain bahwa masyarakat Desa Meranjat II telah mencapai kesejahteraan menurut pandangan Islam.
Kata Kunci : Strategi, Pengembangan, UMKM, Analisis SWOT, Kesejahteraan.
Copyright (c) 2024 Dewi Dewi, Nova Yanti Maleha, Waldi Nopriansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.