PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAPMINAT BELI KONSUMEN STUDI KASUS MINIMARKET 212 SIARAN SAKO

  •  Alda Hermalia Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah STEBIS IGM Palembang
  •  Waldi Nopriansyah Prodi Ekonomi Syariah STEBIS IGM Palembang
  •  Muharir Muharir Prodi Ekonomi Syariah STEBIS IGM Palembang
Keywords: Promosi, Penjualan, Minat Beli Konsumen

Abstract

Minimarket Syariah 212 Siaran Sako ini menjadi objek yang menarik bagi penelitikarena minimarket baru ini, muncul dengan latar belakang aksi pembelaan umat Islam atas penistaan agama (Q.S. Al-Maidah: 51). Minimarket 212 Mart masih kurang dapat bersaing dengan Minimarket sejenisnyaa. Hal ini dikarenakan konsumen sangat memperhatikan perbedaan antara Minimarket 212 dengan Minimarket lain terutama dari bentuk promosi. Kegiatan promosi terus dilakukan Minimarket 212 Mart untuk menarik minat beli konsumen, akan tetapi kurang dilakukan secara persuasif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Promosi Penjualan terhadap Minat Beli pada konsumen Minimarket Syariah 212 Siaran Sako. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode random sampling. Dengan jumlah responden 80 orang. Data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS. Dari hasil uji regresi secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari promosi penjualan terhadap minat beli konsumen, hal ini dikarenakan t hitung sebesar 2,647 > 0,677. Sedangkan taraf signifikannya 0,010 < 0,05 yang artinya signifikan, maka H0 ditolak Ha. Berdasarkan nilai F itu sebesar 7,008 > F tabel 3,963 bahwa hipotesis diterima atau promosi penjualan secara simultan berpengaruh terhadap minat beli konsumen

Published
2023-04-12
How to Cite
Hermalia, A., Nopriansyah, W., & Muharir, M. (2023). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAPMINAT BELI KONSUMEN STUDI KASUS MINIMARKET 212 SIARAN SAKO. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), 3(1), 27-32. https://doi.org/10.36908/jimesha.v3i1.177